Peluang Berbisnis Konveksi di Jogja

Konveksi Jogja Solveks – Di era revolusi industri 4.0 ini, masyarakat terutama generasi milenial dituntut untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Lulusan perguruan tinggi dituntut untuk mampu menciptakan lapangan pekerjaan alih – alih mencari kerja. Banyaknya lulusan namun sempitnya lapangan pekerjaan, membuat tak sedikit diantaranya terpaksa menjadi pengangguran.

Salah satu bidang usaha yang dilirik oleh masyarakat terutama generasi milenial adalah usaha kuliner. Mulai dari membuka kofisyop, membuat kuliner unik, dan lain sebagainya. Namun, tak bisa dipungkiri pula jika ada usaha kuliner yang terpaksa gulung tikar lantaran tak mampu bersaing dengan usaha kuliner lainnya. Dari pada membuka usaha kuliner, tak ada salahnya jika mulai melirik usaha konveksi.

Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi sebuah provinsi di Indonesia yang memiliki keistimewaan tersendiri. Budaya, pendidikan, keramahan, dan lain sebagainya membuat Jogja tak bisa tidak istimewa. Bahkan, pendatang dari luar Jogja yang telah tinggal di daerah yang istimewa ini mengaku tak bisa lepas dari Jogja. Seperti sajak Joko Pinurbo, Jogja terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan.

Tak sedikit wisatawan yang menjadikan Jogja sebagai salah satu daerah tujuan berwisata. Secara tidak langsung, bisnis konveksi membantu pemerintah untuk mempromosikan wisata. Kok bisa?

Biasanya, wisatawan akan mencari oleh – oleh untuk dibawa ke kampung halamannya. Oleh – oleh yang dicari tentu yang praktis namun tidak murahan. Biasanya, kaos bergambar icon Jogja menjadi salah satu oleh – oleh yang paling banyak diburu. Tidak heran jika di sepanjang kawasan Malioboro, sebagian besar penjual menjual oleh – oleh berupa kaos dengan gambar icon Jogja. Tentu saja, kaos ini diproduksi oleh bisnis konveksi yang ada di Jogja.

Banyaknya perguruan tinggi membuat para calon mahasiswa dari seluruh daerah di Indonesia melirik Jogja untuk tempat menimba ilmu. Salah satu kebiasaan para mahasiswa di sebuah perguruan tinggi adalah membuat seragam baik untuk organisasi maupun untuk kegiatan tertentu. Kaos kepanitiaan menjadi salah satu hal yang ‘wajib’ dibuat oleh para panitia ketika menggelar event di kampus.

Ketika masa-masa untuk kegiatan mahasiswa ramai berlangung, bisnis konveksi akan berlomba untuk mendapatkan hati para mahasiswa. Berbagai promo dan penawaran menarik diberikan oleh pihak konveksi. Mulai dari memberikan gratis produk, memberikan potongan harga, dan lain sebagainya.

Selain untuk membuat kaos kepanitiaan, biasanya para mahasiswa memerlukan barang yang bisa dijual untuk usaha dana. Di era sekarang ini, salah satu produk yang kerap dijual oleh mahasiswa adalah tote bag. Walaupun terdengar biasa dan sepele, para mahasiswa mampu berkreasi sedemikian rupa sehingga totebag mereka laku dibeli bahkan sampai kehabisan stock. Tentu saja, mahasiswa tidak punya waktu untuk menjahit kain dan menjadikannya totebag. Alhasil, usaha konveksi jadi pihak yang paling dicari oleh para mahasiswa.

Tak hanya para mahasiswa saja yang memerlukan bisnis konveksi ketika akan membuat seragam event alias seragam kepanitiaan. Bisnis konveksi juga bisa menggandeng perkantoran. Di Jogja ini, rasanya tak sedikit jumlah perkantoran yang tersebar di setiap sudut kota. Biasanya, perusahaan akan membuatkan seragam untuk para karyawannya. Tentu saja perusahaan tak bisa membuatnya sendiri, sehingga harus memesan di bisnis konveksi.

Sudah menjadi hal yang diinginkan bagi para pelanggan, mendapatkan pelayanan yang baik dengan bahan konveksi yang baik ditambah dengan harga yang murah. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi usaha konveksi untuk menuruti permintaan pelanggan.

Tak mau kalah dengan bisnis konveksi lain, Solveks, sebuah bisnis konveksi yang terletak di Jalan Magelang KM 8, Mlati, Sleman, ini juga memberikan sejumlah keunggulan yang bisa dirasakan bagi para pelanggannya. Misalnya saja proses produksi yang cepat, pelanggan dibebaskan menentukan desain, pengiriman ke seluruh Indonesia, dan pastinya harga yang terjangkau.

minyak bulus

Sebagai kota yang dikenal dengan tingkat kreativitas yang tinggi, bisnis konveksi Solveks bekerja sama dengan seniman sablon dan tukang bordir di Jogja. Tak hanya itu, untuk meningkatkan pendapatan penjahit rumahan, bisnis konveksi ini juga bekerja sama dengan penjahit rumahan yang ada di Jogja.

Tak hanya melayani pembuatan kaos saja, bisnis koveksi Solveks juga melayani pembuatan hoodie, jersey, totebag, topi, dan PDH/PDL (korsa). Sejumlah pihak yang pernah menjadikan bisnis konveksi Solveks adalah Holiday in Yogyakarta, Warani Media, Aeera Models, dan Ikatan Mahasiswa Pematangsiantar/Simalungun.

Berdasarkan laman resmi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, usaha konveksi menjadi salah satu jenis usaha yang tak pernah mati sampai kapan pun. Pasalnya, produk konveksi selalu diperlukan oleh masyarakat di berbagai kalangan. Konveksi di sini tak hanya sekadar menjual produk kaos saja, namun juga berbagai produk lain seperti topi, totebag, dan lain sebagainya.

Tips Membuka Bisnis Konveksi di Jogja

Salah satu kiat untuk sukses dalam bisnis konveksi di jogja adalah dengan menetapkan pola penjualan. Masih banyak pebisnis yang tidak mengetahui pola penjualan usahanya. Alhasil, usaha yang mereka bangun terpaksa gulung tikar karena rugi. Salah satu pola penjualan untuk usaha konveksi di jogja yang menguntungkan adalah dengan membangun relasi.

Membangun relasi di sini tidak hanya untuk sekali langganan saja. Justru, dengan membangun relasi, seorang pengusaha konveksi membuka pintu lebar – lebar akan kemungkinan pelanggan tersebut berlangganan. Promosi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh pelanggan menjadi salah satu metode yang cukup efektif di samping promosi secara online.

Tak hanya itu, usaha konveksi juga perlu memamerkan produknya lewat media sosial. Pastikan produk yang dipasang adalah produk pilihan dan pastinya yang terbaik. Instagram dan twitter menjadi salah satu media sosial  yang cukup digandrungi oleh kawula muda sekarang ini. Pastikan terus mengunggah konten secara berkala agar bisnis konveksi semakin dikenal ke semua kalangan.

Jika modal menjadi salah satu penghalang untuk memulai bisnis konveksi, maka bisnis konveksi skala rumahan menjadi hal yang cocok untuk dilakukan. Manfaatkan ruang yang ada untuk memulai bisnis konveksi. Di zaman sekarang ini, modal seharusnya tak lagi menjadi permasalahan utama untuk memulai suatu bisnis.

Tunggu apa lagi? Pastikan memilih bisnis konveksi yang tepat!

Kami melayani jasa sablon, produksi kaos, jaket, polo shirt, kemeja/PDH, jas almamater, jersey, rompi. Hubungi konveksi jogja solveks : 082226829517

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *